Dolor sit amet, consetetur sadipscing elitr, seddiam nonumy eirmod tempor. invidunt ut labore et dolore magna aliquyam erat, sed diam voluptua. Lorem ipsum dolor sit amet, consetetur sadip- scing elitr, sed diam nonumy eirmod tempor invidunt ut labore et dolore magna aliquyam erat, sed diam voluptua. Lorem ipsum dolor sit amet, consetetur sadipscing elitr, sed diam nonumy eirmod tempor invidunt ut labore et dolore magna aliquyam erat, sed diam voluptua. Lorem ipsum dolor sit amet, consetetur.
 

Pengolahan Gambir

Gambir merupakan sejenis getah yang telah diendapkan yang diperoleh dari pengolahan daun dan ranting tanaman gambir. Daun dan ranting tanaman gambir ini diproses dengan cara tertentu sehingga diperoleh cairan yang mengandung getah. Cairan itu diendapkan beberapa waktu sehingga akan terjadi pemisahan antara air dan getah.
Ada dua cara pengolahan gambir yang dilakukan, yaitu: Pengolahan gambir secara pribumi dan pengolahan gambir secara Cina.
a. Pengolahan gambir secara pribumi
Cara ini adalah pengolahan yang dikembangkan ditingkat petani dengan pengeluaran getah melalui pengempaan. Pengolahan dilakukan dengan cara daun dan ranting direbus, dilakukan pengempaan, selanjutnya diendapkan dan ditiriskan hingga membentuk padatan atau pasta. Pasta kemudian dicetak dengan cetakan bambu dan kemudian dikeringkan.
b. Pengolahan gambir secara Cina
Cara ini merupakan cara yang dikerjakan oleh keturunan Cina di Indonesia. Proses pengolahan dimulai dari pemisahan daun dan ranting, kemudian dicuci terlebih dahulu. Perebusan dilakukan selam ½ jam sambil diaduk-aduk dan dimemarkan dengan kayu. Ekstraknya diambil dan daunnya dimasukkan kembali kedalam perebusan. Ekstraknya dikentalkan dan dipanaskan, lalu disaring. Keringkan sampai suhu 35 o C sambil diaduk-aduk. Akan diperoleh ekstrak yang berwarna kuning kecoklatan. Kemudian dicetak membentuk balok gambir atau cube gambir. Untuk pembuatan balok gambir, ekstrak dituangkan kedalam catakan kayu dan dibiarkan selama 10–12 jam hingga menjadi bongkahan yang agak padat. Kemudian dipotong-potong menurut keinginan dan dijemur dibawah cahaya matahari (Darsani, 1999 ).

0 komentar:

Posting Komentar