Dolor sit amet, consetetur sadipscing elitr, seddiam nonumy eirmod tempor. invidunt ut labore et dolore magna aliquyam erat, sed diam voluptua. Lorem ipsum dolor sit amet, consetetur sadip- scing elitr, sed diam nonumy eirmod tempor invidunt ut labore et dolore magna aliquyam erat, sed diam voluptua. Lorem ipsum dolor sit amet, consetetur sadipscing elitr, sed diam nonumy eirmod tempor invidunt ut labore et dolore magna aliquyam erat, sed diam voluptua. Lorem ipsum dolor sit amet, consetetur.
 

Petani harus jadi penentu harga gambir

Gambir andalan dari Kapur IX makin hari makin bagus saja kualitasnya, pola bertani dan pengolahan gambir yang sudah makin membaik. Getah gambir yang dihasilkanpun telah makin meningkat.
Petani gambir saat ini sudah mampu mendapatkan kualitas perasan gambir yang memuaskan untuk para pembeli di luar nageri, namun harga masih saja belum maksimal untuk kualitas seperti itu, masih banyak yang "bermain" hingga harga yang diberikan kepada petani masih rendah.
Hingga akhir 2010 ini, harga gambir tertinggi di Kapur IX mencapai Rp. 30.000 per kilo, dibandingkan dengan tahun tahun sebelumnya yang sulit mencapai angka duapuluh ribu saja sangat susah karena masih rendahnya kualitas gambir.
Selanjutnya bukan tidak mungkin petani bisa menentukan harga gambir, petani yang menentukan berapa harus dijual gambir hasil kebunnya, namun itu buh sebuah rancangan dan hasil yang lebih sempurna.
Semoga saja gambir kapur sembilan tetap jadi yang terbaik dan nomor satu di Dunia.

0 komentar:

Posting Komentar